Yamaha R6 memiliki desain bodi yang cukup besar karena menggondol mesin 4 silinder. Bodi depannya dibuat aerodinamis dengan dua buah lampu depan yang berdesain dinamis. Fairing depan motor ini dibuat minimalis tanpa lekukan ekstrim untuk memberikan kesan streamline. Nah pada model buntutnya, kita akan menemukan model “nangkring” khas motorsport Yamaha terbaru yang lebih sporty.
Yamaha membekali motor ini dengan dua buah piringan cakram pada ban depan, masing-masing rem cakram dibekali dengan sebuah kaliper dua piston yang cukup besar. Sedangkan pada roda belakang, motor ini hanya memiliki satu buah piringan cakram. Sasis motor ini menggunakan model sasis Deltabox dengan bahan alumunium yang sangat rigid untuk menjamin ketajaman ketika berbelok.
Soal mesin, Yamaha tidak pelit dalam memberikan spesifikasi mesin Yamaha YZR-R6 ini. Jika saat ini produsen motorsport mencoba mengurangi jumlah silinder untuk menghemat ongkos produksi, Yamaha justru memberikan mesin 4 silinder seperti mesin mobil di Yamaha R6 ini. Dengan mesin liquid cooled, DOHC 4 silinder inclined parallel ini mampu mengeluarkan tenaga lebih besar dari Honda Jazz yang memiliki tenaga 120 Ps. Yamaha R6 ini memiliki tenaga hingga 123.7 Ps pada 14.500 Rpm.
Tenaga mesin tersebut diperoleh lewat teknologi Moto GP yang diaplikasikan di motor ini. Yamaha R6 menggunakan ECU dari motor Moto GP Yamaha yang dinamakan YCC-T. Tidak hanya itu, teknologi balap Yamaha juga menular ke bagian transmisi lewat race developed slipper clutch 6 percepatan. Dengan transmisi ini perpindahan gigi Yamaha R6 lebih halus tanpa jeda dan tentunya tanpa slip kopling.
Yamaha R6 Indonesia nantinya akan memiliki spesifikasi yang sama dengan motor yang dijual Yamaha di belahan dunia lain, dalam artian sepertinya tidak ada ubahan spesifikasi untuk menyesuaikan kondisi medan tanah air. Apalagi motor ini merupakan motor CBU yang langsung diimpor dari luar negeri. Makin mantap
aja nih!
Sumber : autonetmagz.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar