Kamis, November 21, 2013

7 Fakta Ketangguhan Kawasaki-Pulsar 200NS

Secara resmi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan sportbike Bajaj Pulsar 200NS yang sebelumnya telah mencapai penjualan sukses di India.
Berlangsung di Pekan Raya Jakarta, KMI membanderol Bajaj Pulsar 200NS pada angka Rp 23,3 juta harga OTR Jakarta. Untuk pelayanan servis dan sparepart sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pihak KMI.
Pulsar 200NS ini merupakan salah satu produk yang diproduksi Bajaj, yang bekerja sama dengan KTM dalam pengembangan teknologi yang digunakan. Untuk pasar Indonesia, Pulsar 200NS masih diimpor langsung (CBU) dari dan dibuat di pabrik Bajaj Chakan, Maharashtra, India. Namun dalam produksinya Kawasaki mengontrol dan meninjau langsung.
Inilah 7 fakta ketangguhan Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS yang akan menyalip Honda Tiger, CBR150R, Yamaha New V-Ixion hingga Scorpio.


1.   MESIN
 Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS ini berkapasitas mesin 199.5cc (200cc) yang sama dengan Honda Tiger bedanya, 200NS bertipe mesin SOHC, 4 valves, berpendingin cairan (radiator).
Ketangguhan lainnya yakni sportbike yang masih berbau teknologi KTM (Austria) ini mesinnya menggunakan sistem Triple spark (tiga busi sekaligus). Efisiensi penggunaan bahan bakar dan demi kesempurnaan pembakaran guna menunjang performa maksimal.
Spesifikasi mesin lainnya bisa dilihat dari detail berikut:
    •    Ignition system Independent spark control through ECU
    •    Crankshaft Type Integral
    •    Tenaga 23,52 hp pada 9500 rpm
    •    Torsi 18,3 Nm pada 8000 rpm
    •    Bore x Stroke: 72 x 49 (mm)
    •    Sistem pembakaran masih karburator (UCD 33)
    •    Filter udara menggunakan paper element
    •    Knalpot TEC dengan satu moncong keluar

2.   MOTOR
Pulsar 200NS terlihar kekar dan kuat lantaran menggunakan tipe rangka Perimeter Frame dengan Pressed steel. Teknologi ini sudah lebih dari cukup untuk menjadikannya sebuah sportbike yang tangguh saat dikendarai, baik dari kestabilan dan kemampuan handlingnya.
    •   Wheel base 1363 mm
    •    P x T x L: 2017 x 1195 x 804 (mm)
    •    Ground clearance 167 mm
    •    Bobot motor 145 kg
    •    Kapasitas tangki BBM 12 liter
    •    Konsumsi BBM 58 km/liter

3.   SUSPENSI
Untuk sektor kaki depan Pulsar 200NS menggunakan fork teleskopik dengan Antifriction Bush yang berdiameter 37mm. Sedangkan pada bagian belakangnya menggunakan Nitrox Mono Shock Absorber with piggy back gas canister. Sehingga membuatnya lebih stabil dan mantab saat dijalanan lurus maupun tikungan (handling).

4.   REM
    •    Depan: Petal Disc with floating caliper, diameter 280 mm
    •    Belakang: Petal Disc with floating caliper, diameter 230 mm

5.   RODA
    •    Depan: 100/80 – 17, 52 P Tubeless, 10 spoke 2.5 x 17, Alloy
    •    Belakang: 130/70 – 17, 61 P Tubeless, 10 Spoke, 3.5 x 17, Alloy

6.   PERFORMA
Kecepatan maksimal yang mampu dicapai Pulsar 200NS dengan segala kecanggihan tenologi pada mesinnya yakni 136 km/h. Serta mampu melaju dari titik diam 0-60 km/h hanya dengan waktu 3.61 detik, 0-100 km/h dalam waktu 9.83 detik.
Namun fakta lainnya menyebutkan bahwa salah satu rider asal India pernah menggeber Pulsar 200NS yang masih standar bawaan pabrikan mampu melesat hingga 151 km/h.

7.   KELISTRIKAN
Untuk kelistrikan Bajaj Pulsar 200NS ini menggunakan System DC Ignition. Sebagai sumber dan penyimpanan dayanya dipercayakan pada attery 12V 8AH VRLA. Headlamp menggunakan spesifikasi HS1 35/35W sedangkan untuk tail/stoplamp 0.3/3 W dimana sudah menggunakan teknologi LED.



Sumber : otosia.com


Tidak ada komentar: