Secara resmi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan sportbike
Bajaj Pulsar 200NS yang sebelumnya telah mencapai penjualan sukses di
India.
Berlangsung di Pekan Raya Jakarta, KMI membanderol Bajaj
Pulsar 200NS pada angka Rp 23,3 juta harga OTR Jakarta. Untuk pelayanan
servis dan sparepart sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pihak KMI.
Pulsar
200NS ini merupakan salah satu produk yang diproduksi Bajaj, yang
bekerja sama dengan KTM dalam pengembangan teknologi yang digunakan.
Untuk pasar Indonesia, Pulsar 200NS masih diimpor langsung (CBU) dari
dan dibuat di pabrik Bajaj Chakan, Maharashtra, India. Namun dalam
produksinya Kawasaki mengontrol dan meninjau langsung.
Inilah 7
fakta ketangguhan Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS yang akan menyalip Honda
Tiger, CBR150R, Yamaha New V-Ixion hingga Scorpio.
1. MESIN
Kawasaki-Bajaj Pulsar 200NS ini berkapasitas mesin 199.5cc (200cc) yang
sama dengan Honda Tiger bedanya, 200NS bertipe mesin SOHC, 4 valves,
berpendingin cairan (radiator).
Ketangguhan lainnya yakni sportbike yang masih berbau teknologi KTM
(Austria) ini mesinnya menggunakan sistem Triple spark (tiga busi
sekaligus). Efisiensi penggunaan bahan bakar dan demi kesempurnaan
pembakaran guna menunjang performa maksimal.
Spesifikasi mesin lainnya bisa dilihat dari detail berikut:
• Ignition system Independent spark control through ECU
• Crankshaft Type Integral
• Tenaga 23,52 hp pada 9500 rpm
• Torsi 18,3 Nm pada 8000 rpm
• Bore x Stroke: 72 x 49 (mm)
• Sistem pembakaran masih karburator (UCD 33)
• Filter udara menggunakan paper element
• Knalpot TEC dengan satu moncong keluar
2. MOTOR
Pulsar 200NS terlihar kekar dan kuat lantaran menggunakan tipe rangka
Perimeter Frame dengan Pressed steel. Teknologi ini sudah lebih dari
cukup untuk menjadikannya sebuah sportbike yang tangguh saat dikendarai,
baik dari kestabilan dan kemampuan handlingnya.
• Wheel base 1363 mm
• P x T x L: 2017 x 1195 x 804 (mm)
• Ground clearance 167 mm
• Bobot motor 145 kg
• Kapasitas tangki BBM 12 liter
• Konsumsi BBM 58 km/liter
3. SUSPENSI
Untuk sektor kaki depan Pulsar 200NS menggunakan fork teleskopik dengan
Antifriction Bush yang berdiameter 37mm. Sedangkan pada bagian
belakangnya menggunakan Nitrox Mono Shock Absorber with piggy back gas
canister. Sehingga membuatnya lebih stabil dan mantab saat dijalanan
lurus maupun tikungan (handling).
4. REM
• Depan: Petal Disc with floating caliper, diameter 280 mm
• Belakang: Petal Disc with floating caliper, diameter 230 mm
5. RODA
• Depan: 100/80 – 17, 52 P Tubeless, 10 spoke 2.5 x 17, Alloy
• Belakang: 130/70 – 17, 61 P Tubeless, 10 Spoke, 3.5 x 17, Alloy
6. PERFORMA
Kecepatan maksimal yang mampu dicapai Pulsar 200NS dengan segala
kecanggihan tenologi pada mesinnya yakni 136 km/h. Serta mampu melaju
dari titik diam 0-60 km/h hanya dengan waktu 3.61 detik, 0-100 km/h
dalam waktu 9.83 detik.
Namun fakta lainnya menyebutkan bahwa salah satu rider asal India pernah
menggeber Pulsar 200NS yang masih standar bawaan pabrikan mampu melesat
hingga 151 km/h.
7. KELISTRIKAN
Untuk kelistrikan Bajaj Pulsar 200NS ini menggunakan System DC Ignition.
Sebagai sumber dan penyimpanan dayanya dipercayakan pada attery 12V 8AH
VRLA. Headlamp menggunakan spesifikasi HS1 35/35W sedangkan untuk
tail/stoplamp 0.3/3 W dimana sudah menggunakan teknologi LED.
Sumber : otosia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar